Vlog

V

Apa itu Vlog?

Vlog adalah kependekan dari video blog. Jika blog berisi konten seperti artikel disertai gambar dan dibuat dengan cara ditulis, maka vlog merupakan konten berupa video yang dibuat dengan cara direkam.

Kepopulerannya dimulai ketika muncul konten vlog pada Youtube, lalu banyak orang yang tertarik untuk melakukannya dan sampai sekarang biasa disebut dengan nge-vlog. Orang yang membuat vlog disebut dengan vlogger.

Namun, faktanya tidak hanya platform Youtube yang dapat digunakan untuk menayangkan vlog, sosial media lain seperti Instagram dan TikTok saat ini juga sudah banyak konten blog-nya.

Pengertian vlog

Video blogging atau vlog adalah sebuah blog, dimana terdapat konten berupa video di dalamnya dan nantinya akan diunggah melalui situs kanal media sosial Youtube. Orang yang biasa membuat vlog disebut dengan vlogger.

Dalam pembuatan konten video, terdapat beberapa tahapan khusus yang harus dilakukan. Mulai dari tahap pra produksi, produksi, hingga pasca produksi. Selain itu, konten yang dapat dibuat juga bermacam – macam, disesuaikan dengan kebutuhan dari channel content creator tersebut.

Untuk saat ini, konten yang sering digunakan yaitu dalam bidang pendidikan, tutorial, musik, komedi, gaming, hingga podcast. Untuk durasi video dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Untuk rata–rata durasi dari vlog biasanya sekitar 10 hingga 15 menit.

Jenis – jenis vlog

Sebelum membuat konten vlogging, kita harus mengetahui beberapa jenis vlog yang biasa digunakan.

1. How-To

Jenis yang pertama adalah How-To, dimana banyak digunakan oleh para reviewer dan vlogger karena memberikan konten yang edukatif dan menarik. Untuk jenis ini biasanya video dalam penyajian memberikan tips, tutorial, dan cara untuk menggunakan suatu alat atau bahan.

Untuk proses pengambilan video terbilang cukup sulit, karena harus memperhatikan angle kamera, sudut, pencahayaan, script, hingga alat peraga. Contoh dari vlog How-To adalah tutorial memasak, tips & trik menggunakan Adobe Photoshop, dan masih banyak lagi.

2. Reality

Jenis yang terakhir ini banyak digunakan oleh para traveler yang memiliki hobi untuk berkeliling menjelajahi berbagai tempat wisata yang unik dan menarik. Durasi pengambilan video lebih lama. Tingkat kesulitan dalam pengambilan video ini cukup sulit,  dan yang perlu dipersiapkan adalah penggunaan microphone supaya audio yang dihasilkan terdengar dengan jelas.

3. Talking Head

Yang kedua adalah vlog Reality, dimana biasanya berisi hanya satu orang saja yang melakukan pembicaraan di depan kamera langsung dengan menampilkan kepala hingga setengah badan saja. Pada umumnya, konten yang disajikan merupakan opini yang dibuat oleh creatornya sendiri.

Untuk menjalankan vlog jenis ini, anda perlu untuk mempersiapkan beberapa hal penting seperti tripod, kamera atau smartphone, hingga mempersiapkan pencahayaan yang mendukung. Seorang youtuber saat ini banyak menggunakan vlog jenis yang satu ini.

Cara membuat vlog untuk channel youtube

Terdapat beberapa tips dan cara membuat vlog untuk pemula, khususnya bagi youtuber yang ingin mengembangkan konten edukatif dan komunikatif. Berikut merupakan beberapa step yang harus diperhatikan, diantaranya sebagai berikut.

1. Mempersiapkan tool untuk pembuatan konten video

Dalam membuat vlog, yang pertama harus kita persiapkan terlebih dahulu adalah mempersiapkan alat dan bahan untuk membuat video. Untuk perangkat yang digunakan dapat berupa smartphone, laptop, PC, maupun tablet.

Untuk software (perangkat lunak), dapat menggunakan Adobe Premiere, Camtasia, Filmora dan masih banyak lagi aplikasi lain. Kemudian, carilah tempat yang sunyi atau terhindar dari suara yang terlalu keras dan dapat mengganggu jalannya proses pembuatan video.

Setelah itu, kita perlu untuk mempersiapkan script atau pembahasan mengenai informasi yang ingin anda sampaikan kepada penonton. Kita perlu untuk meningkatkan kepercayaan diri agar penampilan anda lebih optimal dan tidak terkesan kaku.

2. Melakukan optimasi pada saluran youtube

Untuk sekarang, sekitar 300 jam video berhasil diupload melalui channel Youtube. Akan tetapi masih banyak video yang masih terabaikan dan cenderung belum optimal dalam mesin pencarian Youtube.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi algoritma dari Google dan Youtube. Pertama, yang harus anda lakukan adalah aktif dalam mengunggah berbagai konten video secara rutin di kanal media sosial Youtube.

Yang kedua, pastikan kita memiliki resolusi dan kualitas video yang baik. Lakukan proses shooting dan pengambilan tiap scene dengan format HD (High Definition). Jangan lupa untuk melakukan riset kata kunci (keyword) untuk memastikan konten yang kita buat telah tepat sasaran dan sedang trend saat ini.

Dan yang terakhir adalah dengan mengumpulkan jumlah subscriber sebanyak – banyaknya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan engagement dan trafik yang dihasilkan. Dengan banyaknya jumlah subscriber, tentu saja sangat berpengaruh dalam mengoptimalkan vlog dalam youtube.

3. Meningkatkan viewer action

Untuk mendapatkan konten secara organik, kita perlu mendapatkan banyak viewer yang melakukan action (aksi) berupa langganan, menulis komentar, dan membagikan video pada media sosial.

Kita perlu untuk mengajak subscriber atau penonton supaya menyukai, dan memberikan komentar pada video kita. Pastikan juga untuk menekan tombol subscribe dan menghidupkan lonceng notifikasi agar mendapatkan update terbaru dari video kita.

4. Melakukan optimasi metadata video

Metadata merupakan segala informasi yang berkaitan dengan video anda untuk membantu Youtube mengetahui isi dari video tersebut.  Elemen yang terdapat dalam sebuah metadata, adalah judul, deskripsi, tag, thumbnail, dan anotasi). Pastikan untuk mengisi setiap metadata dengan kata kunci konten kita.

5. Membuat thumbnail dan anotasi

Membuat sebuah thumbnail yang menarik sangat diperlukan untuk menarik minat penonton untuk mengunjungi channel dan konten anda. Biasanya, user akan melihat thumbnail dan judul yang menurut mereka menarik. Pastikan dalam pembuatan desain thumbnail sesuai dan relevan dengan konten video anda.

Kemudian, anotasi merupakan teks yang kita tambahkan pada bagian atas video. Penggunaan dari anotasi sendiri sebagai call to action dan bertujuan supaya pengunjung meng- subscribe channel kita.

Fungsi Vlog

Berikut beberapa fungsi utama dari vlog.

a. Ekspresi kreatif: viog memundkinkan individu untuk berekspresi secara kreatif dan membagikan

pemikiran dan pengalaman mereka dengan dunia.

b. Komunikasi: vlog memfasilitasi komunikasi antarindividu dan membangun komunitas yang

terhubung melalui internet.

C. Promosi dan branding: viog dapat digunakan untuk mempromosikan merek atau produk,

membanoe

membangun citra merek, dan memperkenalkan produk baru.

d. Edukasi: vlog dapat digunakan untuk memberikan tutorial dan informasi tentang topik tertentu,

seperti teknologi, bisnis, atau hol

atau hobi.

e. Hiburan: viog dapat menjadi sumber hiburan bagi penonton, menampilkan kegiatan sehari-hari

vioger, perjalanan, atau acara-acara spesial.

f. Penghasilan: Banyak vloger berhasil menghasilkan pendapatan yang signifikan melalui iklan dan

endorse, mernbuat viog sebagai bentuk bisnis dan profesi yang menguntungkan bagi banyak individu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Integrasi Konten Aplikasi Perkantoran